1.
Jelaskan perbedaan antara IMK dan User
Interface !
2.
Jelaskan definisi ergonomi !
3.
Apa hubungan antara ergonomi dengan IMK
? jelaskan dan beri contoh !
4.
Sebenarnya antarmuka seperti apa yang
diinginkan oleh user ?
5.
Jelaskan hubungan antara manusia,
komputer, dan interaksi dalam IMK? Bagaimana cara/strategi yang dibutuhkan
untuk mengembangkan IMK ?
1.
Human
Computer Interaction (Interaksi Manusia dan Komputer ) adalah sebuah
ilmu yang mempelajari tentang hubungan atau dialog antara manusia dengan mesin
(komputer) yang keduanya saling memberikan umpan balik melalui sebuah antarmuka
untuk mendapatkan hasil yang di inginkan. User Interface merupakan jembatan
komunikasi yang menjembatani user dengan komputer.
Jadi, jika IMK
adalah hubungan timbal balik antara manusia dan komputer, maka user interface
adalah jembatan yang menghubungi hubungan timbal balik tersebut.
2.
Menurut
wikipedia, istilah “ergonomi” berasal dari bahasa latin yaitu Ergon (Kerja) dan
Nomos (Hukum Alam) dan dapat didefinisikan sebagai studi tentang aspek-aspek
manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi,
psikologi, engineering, manajemen dan desain/perancangan.
3.
Hubungan
ergonomi dalam interaksi antara manusia dan komputer adalah jika ergonomi
diterapkan dalam kegiatan interaksi manusia dan komputer, maka pengguna akan
mendapatkan lingkungan yang membuatnya lebih nyaman berada di depan komputer,
dengan posisi tubuh yang benar dan baik. Misalnya, posisi duduk, letak
komputer, letak tangan saat mengendalikan mouse, jarak antara komputer dan
pengguna.
4.
Antarmuka
yang diinginkan oleh kebanyakan pengguna adalah mudah digunakan, user friendly,
efektifitas, efesien.
5.
Hubungan
antara manusia, komputer dan interaksi dalam IMK adalah serangkaian
proses dialog serta kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi
dengan komputer secara interaktif untuk dapat melaksanakan serta menyelesaikan
tugas yang diinginkan.
Strategi yang dibutuhkan untuk
mengembangkan IMK adalah pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai
pengguna komputer, informasi
yang berhubungan dengan karakteristik dialog, penggunaan prototype yang
berdasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama
antara calon pengguna dan perancang system, teknik evaluasi yang digunakan
untuk mengevaluasi hasil prototype yang telah dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar